Basis yang paling penting dalam industri ini adalah kepercayaan atau kepercayaan, di mana membangun kepercayaan jangka panjang dengan pelanggan merupakan faktor penting dalam menciptakan loyalitas.

Kepercayaan ini tidak hanya dibangun dan diakui oleh mitra bisnis, tetapi harus dibangun dan ditunjukkan sebelumnya.

Trust Adalah
Trust Adalah

Memahami kepercayaan menurut pendapat ahli

Berikut ini beberapa definisi kepercayaan bagi para ahli, yaitu:

Prasarphanich (2007: 23.1)
Menurut Prasaranphanich, kepercayaan muncul ketika konsumen memercayai sebuah perusahaan dan suka membeli kembali informasi pribadi yang berharga dan membagikannya kepada mereka.

Moorman (1993)
Menurut Moorman, konsep kepercayaan adalah kesediaan orang untuk menguntungkan pihak lain yang terlibat dalam pertukaran karena orang mempercayai pihak lain.

Ketika satu pihak memiliki kepastian bahwa pihak lain yang terlibat dalam pertukaran tersebut dapat diandalkan dan lengkap, kepercayaan tercipta.

Rofiq (2007: 32)
Menurut Rofiq, istilah trust adalah kepercayaan dari pihak tertentu di bagian lain untuk melakukan laporan transaksi berdasarkan keyakinan bahwa orang yang dipercaya memenuhi semua kewajiban dengan benar dan sesuai dengan harapan.

Mowen (2002: 312)
Menurut Mowen, definisi kepercayaan konsumen adalah semua pengetahuan dan kesimpulan konsumen tentang properti, benda dan manfaat.

Tschannen-Moran dan Hoy (1999: 189)
Menurut Tschannen-Moran dan Hoy, gagasan kepercayaan adalah kehendak seseorang atau kelompok, berdasarkan keyakinan tindakan terakhir, untuk menunjukkan niat baik, keandalan, kompetensi, kejujuran dan keterbukaan, agar rentan terhadap pihak lain .

Yamagisi (1998)
Yamagisi menjelaskan bahwa konsep kepercayaan adalah keyakinan pada niat baik orang lain yang tidak dapat membahayakan mereka, melindungi hak-hak mereka dan menjalankan tugas mereka.

Doney et al
Doney et al. Tetapkan kepercayaan sebagai apa yang diharapkan dari kejujuran dan perilaku kooperatif ketika berbagi standar dan nilai yang sama.

Berdasarkan beberapa kepercayaan di atas, dapat disimpulkan bahwa kepercayaan adalah kesediaan seseorang untuk mempercayai seseorang atau sesuatu, karena ada niat baik, keterampilan dan keterbukaan yang dapat diandalkan untuk membantu wali melakukan di depan mereka untuk merekonsiliasi risiko.

Fitur Tepercaya

Menurut Tschannen-Moran dan Hoy (1998: 189), ada lima (lima) karakteristik kepercayaan, yang merupakan komponen utama untuk mengukur atau menilai kepercayaan:

  1. Niat Baik
    Memahami niat baik ini adalah percaya pada kesejahteraan atau kepemilikan seseorang terhadap perlindungan dan perhatian orang atau kelompok lain yang Anda percayai. Sikap atau keinginan yang baik ini dapat mengarah pada hubungan kepercayaan.
  2. Keandalan
    Keandalan adalah orang yang sangat bergantung pada pihak lain untuk mencari kenyamanan.
  3. Kompetensi
    Yang dimaksud dengan kompetensi di sini adalah keyakinan bahwa seseorang dapat melakukan pekerjaan sesuai dengan apa yang diinginkan.
  4. Kejujuran
    Kejujuran terkait dengan karakter, integritas, dan perilaku seseorang, yang merupakan dasar bagi kepercayaan.
  5. Pembukaan
    Keterbukaan adalah perasaan saling pengertian.

Menurut Zand, tingkat kepercayaan meningkat ketika suatu pesta atau seseorang terkena pengaruh pihak lain.

Menurut Bryk dan Scheider (2002), ada beberapa tanda bahwa seseorang sudah memiliki kepercayaan diri:

Konsistensi Merupakan tekad untuk mengkomunikasikan pesan kepada orang lain tanpa berbeda.

Belas kasih adalah pentingnya perhatian besar untuk hubungan saling percaya, sehingga tidak ada perasaan celaka yang terjadi pada orang lain.

Komunikasi yang berfokus pada pertukaran informasi yang tidak leluasa menggunakan informasi.

Kompetensi yang merupakan tanggung jawab dan konsistensi seseorang dalam suatu pekerjaan dan bagaimana hasil telah dicapai.

Jenis kepercayaan

Menurut Mowen (2002: 312), seseorang dapat membentuk tiga (tiga) jenis kepercayaan:

  1. Keyakinan pada atribut benda
    Jenis kepercayaan ini terkait dengan pengetahuan objek atribut tertentu yang disebut kepercayaan objek. Keyakinan ini dapat menghubungkan atribut ke objek seperti orang, barang atau layanan.
  1. Keuntungan atribut kepercayaan
    Sifat keunggulan atribut trust adalah persepsi konsumen tentang bagaimana atribut tertentu dapat menghasilkan atau memberikan manfaat.

Baca Juga :

Sumber : https://adalah.co.id/

Tags: