Jika dokter Anda meminta Anda untuk mempertahankan kadar kolesterol normal, Anda mungkin sudah merasa pusing. Mereka takut tidak dapat makan dengan baik, memiliki banyak batasan dan harus minum obat atau suplemen yang berbeda. Bahkan, ada beberapa langkah sederhana yang dapat membantu Anda menjaga kadar kolesterol Anda normal.

Langkah sederhana untuk mempertahankan kolesterol normal
Kadar kolesterol yang tidak terkontrol adalah penyebab utama penyakit jantung dan sirkulasi darah. Karena itu, penting untuk memantau dan menjaga kolesterol normal. Tanpa menghabiskan banyak waktu dan uang, Anda memiliki opsi berikut untuk mempertahankan kadar kolesterol darah normal:

Tips Menjaga Kolesterol

Tips Menjaga Kolesterol
  1. Minumlah obat sesuai dengan instruksi dokter Anda
    Jangan khawatir tentang memilih obat-obatan atau suplemen herbal yang dapat menurunkan kolesterol. Cara termudah untuk mengetahui obat mana yang terbaik untuk Anda dan jika Anda perlu mengonsumsi suplemen herbal adalah pergi ke dokter secara langsung.

Obat-obatan dan saran dari dokter telah diuji secara klinis dan disesuaikan dengan kondisi Anda. Dengan cara ini, Anda tidak perlu khawatir untuk mencoba obat-obatan atau suplemen makanan yang belum berguna.

Minumlah obat kolesterol sesuai dengan instruksi dan dosisnya. Jangan berhenti minum obat tanpa berkonsultasi terlebih dahulu. Jika Anda tidak mengerti sesuatu tentang obat kolesterol, jangan ragu untuk bertanya kepada dokter Anda.

  1. Kurangi makanan yang kaya lemak trans
    Lemak trans meningkatkan kolesterol jahat sekaligus menurunkan kolesterol darah yang baik. Akibatnya, kolesterol menumpuk di pembuluh darah dan membentuk plak. Aliran darah ke jantung terhambat, membuat Anda berisiko terkena penyakit jantung, stroke, dan gagal jantung.

Untuk menjaga kadar kolesterol tetap normal, perlu untuk mengurangi konsumsi makanan yang kaya lemak trans, seperti:

goreng
Makanan sampah
Makanan penutup yang dikemas, es krim dan makanan ringan
mentega
Namun, jangan terlalu khawatir tentang makanan apa yang harus ditantang dan dikurangi. Fokus pada makanan sehat alternatif yang bisa Anda makan. Misalnya, buah, kacang dimasak atau yogurt.

  1. Berolahraga secara teratur untuk menjaga berat badan
    Jangan langsung stres jika dokter menyarankan Anda untuk menurunkan berat badan. Anda tidak harus mengikuti diet untuk membuat diri Anda lapar sepanjang hari. Mulailah dengan olahraga teratur.

Olahraga teratur tidak hanya membuat tubuh bugar, tetapi juga mempertahankan kadar kolesterol normal. Sebagai permulaan, cobalah aerobik seperti jogging atau bersepeda selama setidaknya 30 menit. Lakukan 5 kali seminggu.

Anda juga dapat mencoba berbagai aktivitas fisik setiap kali ada kesempatan. Misalnya, berjalan-jalan saat makan siang, naik sepeda ke tempat-tempat yang sering dikunjungi atau berolahraga dengan teman-teman.

  1. Atur pemeriksaan medis dengan dokter
    Pemeriksaan kesehatan akan memungkinkan Anda menjalani pemeriksaan kolesterol agar tetap normal. Selain itu, skrining untuk orang dengan kolesterol tinggi penting untuk memantau risiko penyakit jantung, stroke, arteriosklerosis, diabetes, dan penyakit kronis lainnya yang terkait dengan penyakit pembuluh darah.

Frekuensi yang diperlukan untuk menjalani pemeriksaan medis tergantung pada kondisinya. Karena itu, tanyakan kepada dokter Anda jika Anda perlu memeriksanya kembali.

  1. Konsumsi minuman susu yang diperkaya dengan inulin dan beta-glukan
    Inulin adalah jenis serat yang ditemukan di banyak sayuran dan tanaman, sedangkan beta-glukan ditemukan dalam sereal seperti gandum. Kedua serat makanan ini dikenal untuk membantu menurunkan kolesterol dan mempertahankan kadar normal.

Selain bahan alami, Anda juga bisa mengonsumsi inulin dan beta-glukan dengan mengonsumsi minuman yang mengandung susu yang diperkaya dengan kedua bahan ini. Konsumsi teratur menurunkan kolesterol LDL, sehingga tidak ada bentuk kolesterol plak di pembuluh darah.

Mempertahankan kadar kolesterol normal dapat dimulai dengan langkah-langkah sederhana. Kuncinya adalah meningkatkan gaya hidup, makan sehat dan pemantauan kolesterol rutin. Lengkap dengan konsumsi produk yang kaya nutrisi untuk membuat hasilnya lebih optimal.

Baca juga: