Globalisasi berasal dari kata globalisasi. Global berarti dunia sementara Lisasi berarti proses. Dalam bahasa maknanya, globalisasi adalah proses global, proses yang membuat orang terbuka dan saling bergantung tanpa waktu dan jarak.

Di era globalisasi, yang didukung oleh perkembangan teknologi, sarana transportasi dan pengetahuan, seseorang di suatu daerah dapat dengan cepat dan mudah menemukan semua jenis informasi yang disebarluaskan di dunia luar. Globalisasi diartikan sebagai dunia satu atap atau dunia perbatasan.

Efek globalisasi menguntungkan ruangpengetahuan, tetapi juga merugikan. Itu semua tergantung pada bagaimana kita bereaksi. Namun perlu dicatat bahwa globalisasi berbeda dari konsep pemanasan global.

Ciri Ciri Globalisasi

Globalisasi mempunyai beberapa ciri, diantaranya:

1. Perubahan Dalam Konsep Jarak Ruang dan Waktu

Dengan dukungan teknologi dalam bentuk televisi, telepon pintar dan internet, komunikasi dapat dilakukan dengan cepat. Informasi dari satu bagian dunia dapat diketahui secara langsung oleh seseorang di dunia lain.

Kemajuan dalam transportasi juga membuat jarak ratusan atau ribuan kilometer dalam beberapa jam atau hari.

2. Adanya Saling Ketergantungan Dalam Bidang Ekonomi dan Perdagangan

Hal ini disebabkan oleh pertumbuhan perdagangan internasional dan dominasi organisasi seperti WTO atau Organisasi Perdagangan Dunia, yang merupakan rumah bagi perdagangan dunia.

2. Adanya Peningkatan Interkasi Kultural

Melalui televisi dan media lainnya, orang dapat memperoleh pengetahuan baru dan mengenal keanekaragaman dunia luar

3. Masalah sendi yang meningkat

Di era globalisasi, masalah yang muncul di satu negara dapat menjadi masalah yang menjadi kepentingan bersama atau bagi dunia internasional, seperti hak asasi manusia, lingkungan dan kejahatan perang yang terjadi di satu negara.

Faktor Penyebab Proses Globalisasi

Tentu saja ada penyebab dan pendorong yang akhirnya memungkinkan proses globalisasi, termasuk:

1. Perkembangan Teknologi dan Informasi

Ada perkembangan dalam teknologi informasi dan komunikasi yang memiliki efek memfasilitasi transaksi keuangan di seluruh negeri.

Dalam beberapa tahun terakhir telah ada banyak perkembangan di bidang teknologi yang secara langsung terkait dengan transaksi keuangan dan dapat memudahkan Anda untuk melakukan transaksi tidak hanya di negara Anda sendiri tetapi juga di negara lain.

2. Banyaknya Kerja Sama Internasional

Alasan kedua untuk globalisasi adalah kerja sama internasional berjangkauan jauh yang memfasilitasi terjadinya transaksi keuangan sebelumnya di berbagai negara.

Karena sektor ekonomi ini, banyak produk dari luar negeri tiba di negara itu dan sebaliknya.

3. Kemudahan Transportasi

Sistem transportasi yang terus berkembang memudahkan orang untuk melakukan perjalanan atau mengirimkan barang, meskipun mereka terpisah satu sama lain dalam jarak yang jauh.

4. Ekonomi Terbuka

Selain itu, era globalisasi juga muncul karena negara-negara di dunia mulai terbuka di bidang ekonomi, sehingga ada perdagangan global yang menyebabkan pertukaran berbagai produk dari satu tempat ke tempat lain.

Sumber: https://ruangpengetahuan.co.id/

Baca Juga Artikel Lainnya >>>

Pengertian Bunga Melati, Jenis, Manfaat dan Klasifikasinya

Pengertian Hedonisme, Faktor, Dampak, Ciri dan Jenisnya

Tags: