Bunga melati adalah salah satu tanaman yang diklasifikasi perdu (sekelompok pohon dengan ketinggian kurang dari 6 meter). Jasmine memiliki bentuk batang yang tegak dan dapat menjadi kronis melalui perbanyakan. Itu milik keluarga Keluarga Zaitun (Oleaceae).

Tumbuhan asli berasal dari daerah tropis dan hangat di Australasia, Eurasia dan Oceania. Melati telah tumbuh secara luas sejak zaman kuno menjadi bunga yang memiliki aroma khas daerah tersebut.

Di negara kita, Toko Bunga Lampung bunga ini disebut “puspa nasional” atau simbol nasional. Jenis melati adalah melati putih atau nama latin Jasminum sambac. Karena diyakini bahwa bunga ini adalah simbol kemurnian dan kemurnian.

Ini juga terkait dengan tradisi yang berbeda dari banyak suku Indonesia. Sebagai contoh, pada upacara pernikahan yang memiliki tradisi, bunga ini tampaknya wajib untuk berpartisipasi. Bukan hanya suku, tetapi banyak suku. Terutama di Jawa dan Sunda.

Jenis-jenis Bunga Melati

  • Jasminum elongatum (Bergius) Willd

Spesies ini biasanya setinggi 1 hingga 7 kaki. Sifat fisik daun sederhana adalah oval dan diatur dengan pasangan yang berlawanan di sepanjang batang. Kelopak dalam tangkai bunga biasanya 6-8 dan mahkota bisa sampai 3 inci.

Habitat tumbuh dapat ditemukan di semak atau hutan campuran. Tanaman ini sangat menyukai sinar matahari penuh. Spesies ini biasanya didistribusikan di India, Cina, Myanmar, Vietnam, Malaysia, Indonesia ke Australia Utara.

  • Jasminum mensyi (Jasminum primulinum atau melati primrose)

Spesies ini umum di Vietnam dan Cina selatan seperti Guizhou, Sichuan dan Yunnan. Tetapi ada juga orang-orang yang mengklaim berada di Honduras, Meksiko dan Amerika Serikat bagian selatan, seperti Florida, Georgia, Alabama, Louisiana, Texas dan Arizona sebagai bagian dari proses naturalisasi.

Tipe ini biasanya bisa mencapai 3 meter dan memiliki lebar sekitar 1-2 meter. Ini memiliki properti bunga kuning dan baunya enak di musim panas dan musim semi.

  • Jasminum multiflorum

Jenis ini juga dikenal dengan nama lain seperti melati lebat, melati musim dingin, melati India dan melati bintang. Juga dikenal sebagai Magha Mallika dalam bahasa Sanskerta.

Jika dunia Barat mengetahuinya dengan istilah “bunga putih seperti salju”, tetapi dalam mitologi Hindu itu berarti “putih seperti Kunda”. Di Manipur, negara bagian India, bunga ini sering digunakan dalam acara-acara penting seperti pernikahan.

Jenis melati ini tersedia di Bhutan, Nepal, India, Burma, Laos, Vietnam dan Thailand. Di daerah tropis dan subtropis, spesies ini sering dibudidayakan karena bunganya memiliki aroma wangi dan menarik.

  • Jasminum officinale atau melati casablanca (Spanish Jasmine)

Lebih dikenal dengan “melati biasa”. Berasal dari Kaukasus, Iran utara, Pakistan, Afghanistan, Tajikistan, Himalaya, Nepal, India, dan Cina barat seperti Guizhou, Sichuan, Xizang.

Namun, spesies ini telah dibudidayakan di banyak daerah lain seperti negara-negara Eropa: Spanyol, Italia, Prancis, Portugal, Rumania, dll. Nama-nama lain dari spesies ini juga dikenal sebagai melati putih, melati musim panas atau melati (hanya).

Sangat populer dengan tukang kebun di seluruh dunia karena bunga-bunga ini mengeluarkan aroma yang kuat di musim panas. Bunga melati jenis ini juga merupakan bunga nasional Pakistan.

  • Jasminum parkeri

Spesies ini biasanya tumbuh setinggi sekitar 1 kaki. Memiliki batang tumpul kecil dan karakteristik daun oval kecil. Warna bunganya kuning dan wangi. Awalnya, spesies ini dikumpulkan pada 1920 oleh Richard Neville Parker dari Chamba, Himachal Pradesh, India.

Manfaat Bunga Melati

Bunga yang satu ini tidak hanya memiliki banyak spesies dan varietas, tetapi juga banyak manfaat untuk kecantikan dan kesehatan. Dan berikut ini adalah:

  • Membantu mencegah penuaan dini

Konsumsi secara teratur teh bunga melati dapat membantu membuat kulit terlihat lebih muda. Ini karena melati mengandung antioksidan tingkat tinggi yang mampu melawan radikal bebas.

Karena radikal bebas dapat mempercepat penuaan dini, konsumsi teh bunga melati secara teratur dapat mencegah hal ini. Selain itu, teh bunga melati juga dapat membantu mengurangi stres, ketegangan dan kecemasan.

  • Membantu menghilangkan bau badan

Aroma yang terkandung dalam melati dapat membantu menghilangkan bau tidak sedap di tubuh. Jika Anda ingin menyiapkannya secara manual, letakkan di dalam wadah berisi air mendidih.

Tutup wadah dengan plastik dan biarkan semalaman. Minumlah air besok pagi. Atau jika Anda tidak ingin repot, Anda cukup membeli parfum yang berbau melati.

  • Membantu mengatasi jerawat

Bunga melati juga bisa digunakan untuk menghilangkan jerawat secara alami. Hal-hal yang harus disiapkan: belerang, jus jeruk nipis dan, tentu saja, bunga melati.

Persiapan: Bersihkan semua bahan, haluskan halus dan akhirnya tambahkan jeruk nipis. Cara mengoleskannya langsung ke wajah dengan jerawat, diamkan selama 10 hingga 20 menit lalu bersihkan.

Klasifikasi Bunga Melati

Morfologi melati dapat menunjukkan bahwa setiap tanaman memiliki ciri atau karakteristik tersendiri, begitu juga dengan klasifikasinya. Berikut klasifikasi dari melati;

  • Kingdom : Plante
  • Divisi : Spermatophyta
  • Sub Divisi : Angiospermae
  • Kelas : Dicotyledonae
  • Ordo : Oleales
  • Famili : Oleaceae
  • Genus : Jasminum
  • Spesies : Jasminum sambac L

Sekian artikel tentang Bunga Melati ini semoga bermanfaat.

Baca Juga Artikel Lainnya >>>

Pengertian Hedonisme, Faktor, Dampak, Ciri dan Jenisnya

Jenis Kondom dan Pelumasnya Yang Perlu Diketahui

Tags: