Setelah tidur sepanjang malam, tubuh mengalami dehidrasi karena tidak menerima asupan cairan. Itu sebabnya Anda harus minum segera setelah bangun tidur. Nah, apa yang biasanya Anda minum di pagi hari? Secangkir kopi hitam?

Psstt … sebenarnya berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa waktu tersehat untuk minum kopi bukan di pagi hari. Alih-alih, cobalah mencampurkan beberapa pilihan minuman sehat pagi ini agar Anda bisa lebih segar dan bersemangat untuk memulai berbagai kegiatan sepanjang hari.

  1. Air jeruk atau lemon

Air lemon untuk bisul

Apakah Anda masih mengantuk tetapi harus melarikan diri pagi-pagi? Segarkan tubuh dan pikiran Anda dengan segelas jus lemon atau jus lemon yang kaya akan vitamin! Rasa asam pasti akan membuat Anda lebih berpendidikan. Kandungan vitamin C juga membantu meningkatkan daya tahan tubuh Anda di siang hari.

Bukan hanya itu. Antioksidan dan mineral yang terkandung dalam air lemon membantu membersihkan racun dari tubuh sehingga Anda tidak mudah sakit.

Cara membuatnya mudah. Malam sebelumnya Anda bisa membuat air infus dengan memasukkan seiris lemon ke dalam botol air, lalu dinginkan di kulkas saat Anda tidur. Atau jika Anda menginginkan sesuatu yang panas, peras jus lemon ke dalam secangkir air panas. Anda bisa menambahkan madu jika menginginkan rasa yang lebih manis.

  1. Air kelapa

minum air kelapa

Jika Anda tidak menyukai rasa asam atau takut sakit perut di pagi hari untuk minum air lemon, cobalah air kelapa. Air kelapa merupakan alternatif minuman sehat di pagi hari yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh.

Minum air kelapa di pagi hari dapat membantu mengembalikan cairan tubuh yang hilang setelah malam tidak makan dan minum. Dilansir dari laman Healthline, air kelapa kaya akan antioksidan untuk membuang racun dan menangkal radikal bebas yang merusak tubuh.

Bukan hanya itu. Air kelapa juga mempertahankan detak jantung secara teratur dan memaparkan metabolisme tubuh. Minum air kelapa secara teratur dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan mengurangi kadar kolesterol dan trigliserida (lemak jahat dalam tubuh).

Semua manfaat ini akan lebih baik jika Anda minum air kelapa segar, bukan paket. Anda dapat membeli air kelapa segar dan menyimpannya di lemari es untuk dinikmati setiap hari.

Minuman Sehat

  1. Jus atau smoothie

jus buah yang sehat

Jika Anda memiliki waktu luang yang cukup di pagi hari, mengapa tidak mencoba segelas jus? Minuman ini tidak hanya membantu memulihkan cairan tubuh yang hilang, tetapi juga menyediakan berbagai vitamin dan mineral yang Anda butuhkan di siang hari.

Apalagi, tingginya serat jus membuat Anda merasa kenyang lebih lama sehingga mengurangi keinginan untuk makan banyak.

Yang mengejutkan, jus ini adalah minuman yang sehat dan fleksibel. Anda dapat membuat kombinasi beberapa jus buah atau kombinasi jus sayuran yang dikombinasikan dengan buah favorit.

Jika Anda menginginkan versi yang lebih banyak, buat jus atau sayuran favorit Anda sebagai smoothie dengan menambahkan pengental seperti yogurt, susu, bubuk oatmeal, atau bubuk protein. Psstt … Jangan tambahkan gula! Atau Anda bisa menggunakan madu sebagai pemanis.

  1. Teh jahe

cara mengatasi nyeri haid

Jika Anda adalah tipe orang yang selalu memulai hari dengan minuman panas, sepertinya teh jahe mungkin menjadi alternatif favorit Anda daripada teh manis.

Teh jahe adalah minuman sehat di pagi hari yang dapat memberi Anda banyak sekali manfaat sepanjang hari. Sejak zaman kuno, jahe dikenal sebagai ramuan yang membantu meredakan mual dan mengobati nyeri otot. Jahe juga dikenal mampu mengurangi kadar gula darah dan membantu tubuh mengatur respon insulin dengan lebih baik.

Cara melakukannya sederhana. Rebus air selama 5 menit dan tambahkan beberapa sendok makan jahe parut segar. Saring air jahe, lalu tambahkan kantong teh. Sajikan panas.

  1. Jus lidah buaya

Lidah buaya dikenal karena efek kulitnya yang sehat. Namun, meminum jus lidah buaya tidak kalah sehat untuk tubuh. Lidah buaya kaya akan nutrisi yang penting untuk memulai hari, seperti vitamin B, C, E, asam folat dan vitamin B-12.

Berkat kandungan enzim dan bakteri yang baik, jus lidah buaya mampu mengatasi berbagai masalah pencernaan, mulai dari sembelit, perut kembung, sindrom iritasi usus (IBS), radang usus, gangguan asam lambung (GERD). Lidah buaya juga mampu mengurangi gula darah dan meringankan gejala sakit tenggorokan.

Anda dapat mencampur potongan daging lidah buaya dalam segelas air atau memanaskan teh segar sebagai minuman sehat di pagi hari.

Baca Juga :

CCleaner PRO

Wifi Master Key