Seharusnya gusi harus dirawat dengan cepat agar infeksi tidak bertambah buruk. Namun, masalah ini tidak bisa diambil langsung oleh dokter selama masih menimbulkan rasa sakit. Sambil menunggu janji dengan dokter, ada banyak pengobatan rumahan yang bisa dicoba untuk meringankan ketidaknyamanan gusi. Kami melihat berbagai cara domestik untuk merawat permen karet dalam ulasan berikut.

Cara Ampuh untuk Mengobati Gusi Bernanah

Gusi pruritan akan menyebabkan rasa sakit yang tak tertahankan. Kondisi ini biasanya disertai dengan pembengkakan yang membuat mulut lebih tidak nyaman. Sekarang, agar tidak melemah lebih lanjut, Anda dapat mencoba metode domestik berikut untuk mengobati pelembab gusi Anda.

  1. Berkumur dengan air garam

Salah satu cara termudah dan tercepat untuk menyembuhkan gusi Anda adalah di laut dengan berkumur dengan air garam. Dari dulu, manfaat garam untuk kesehatan mulut tidak perlu diragukan.

Penelitian menunjukkan bahwa garam dapat mengurangi peradangan yang disebabkan oleh infeksi sambil mempercepat proses penyembuhan luka. Ini karena sifat antibakteri dan anti-inflamasinya.

Campurkan 1/2 sendok makan garam ke dalam segelas air hangat. Kemudian berkumur dengan air garam minimal 3 kali sehari.

  1. Kompres es batu

Agar rasa sakit dan gusi membengkak berkurang dengan cepat, buat kompres dingin dengan es batu. Suhu rendah es batu dapat menyembuhkan saraf yang memicu rasa sakit. Akibatnya, Anda akan terbebas dari perasaan kaget untuk sementara waktu.

Selain itu, dinginnya es batu juga dapat membantu memperlambat aliran darah ke daerah yang terkena sehingga peradangan dan pembengkakan gusi juga perlahan-lahan berkurang.

Cara merawat gusi itu mudah. Anda hanya perlu membungkus beberapa balok es dengan lap bersih. Setelah itu, serang sisi pipi yang sakit selama beberapa menit. Lakukan metode ini beberapa kali hingga rasa sakitnya sedikit berkurang.

  1. Sodium bikarbonat

Selain garam, Anda juga bisa berkumur dengan soda kue untuk menyembuhkan getah gusi.

Sebuah tinjauan literatur dalam Journal of American Dental Association melaporkan bahwa baking soda membantu mengurangi peradangan gusi (gingivitis) dengan meningkatkan kesehatan gusi. Studi lain juga mengungkapkan bahwa baking soda membantu memecah plak yang menempel pada gigi.

Campurkan 1/2 sendok makan soda kue dan sedikit garam dalam segelas air hangat. Selanjutnya, bilas mulut Anda setidaknya selama 5 menit dan buang air besar. Ulangi metode ini maksimal 2 kali sehari.

  1. Dapatkan obat penghilang rasa sakit

Cara lain yang bisa Anda coba untuk merawat supurants permen karet adalah dengan meminum obat penghilang rasa sakit. Obat penghilang rasa sakit bekerja dengan menghalangi produksi bahan kimia yang memicu rasa sakit di otak. Mengambil obat penghilang rasa sakit, sensasi kesemutan di gusi perlahan akan berkurang.

Paracetamol adalah obat penghilang rasa sakit yang sangat populer. Obat ini dapat dengan mudah diperoleh di apotek atau bahkan di warung makan tanpa harus menembus resep dokter.

Meski begitu, Anda tetap harus berhati-hati saat menggunakan obat-obatan bebas. Sama seperti obat pada umumnya, obat penghilang rasa sakit yang dijual bebas juga berpotensi menyebabkan efek samping ringan hingga berat.

Karena itu, sebelum meminum segala jenis obat, selalu ada baiknya untuk membaca aturan penggunaan terlebih dahulu. Jangan ragu untuk bertanya kepada dokter atau apoteker secara langsung jika Anda merasa bingung dengan aturan penggunaannya.

Baca Juga :

POLITIK ETIS
PERSEBARAN NEGARA MAJU DAN NEGARA BERKEMBANG